Menumbuhkan Mental Juara Anak

Your self-image is the result of all you have given your subconscious mind as a database, so regardless of your background, what you are willing to become is the only reality that counts. – Paul J. Meyer


Terjemahan: Citra diri Anda adalah hasil dari semua yang telah Anda berikan kepada pikiran bawah sadar Anda sebagai database, jadi terlepas dari apapun latar belakang Anda, ingin menjadi apa Anda adalah satu-satunya kenyataan yang diperhitungkan. – Paul J. Meyer


Growing Up Is Fun. Demikian sebuah kalimat yang dicetuskan oleh Paul J. Meyer. Seorang yang sangat terkenal di dunia pengembangan diri. Beliau adalah pendiri dari Success Motivation International dan juga Family Motivation International.


Saya bersyukur. Sejak tahun 2010 lalu, bersama Kak Anny Pangellah. Kami banyak memberikan coaching kepada anak – anak dan remaja. Menggunakan fondasi dasar dari pengajaran Paul J. Meyer ini.


Hari ini. Indonesia sangat marak dengan namanya Coaching. Sejak tahun 2010 lalu, kami belajar. Bahwa Coaching dapat dilakukan sejak usia dini. Sejak anak – anak. Tujuan sama yaitu menemukan dan memaksimalkan potensi diri anak. Strategi (urut – urutan cara melakukan) pasti agak sedikit berbeda. Untuk anak, coaching perlu melibatkan unsur fun.


Kami pernah merancang sekitar 12 modul fondasi utama untuk coaching anak. Ada 3 hal yang terpenting di dalamnya. Inilah yang akan coba diuraikan dalam artikel singkat ini. Baca terus sampai selesai untuk menemukan hal menarik ini!


Pertama, Responsibility – Tanggung Jawab


Satu hal dasar yang perlu dilatih dalam diri anak. Yaitu tanggung jawab. Kenapa ini penting? Masa anak – anak adalah masa emas untuk membangun fondasi dasar untuk kesuksesan di masa dewasanya.


Masa anak adalah masa seperti ladang tanah yang subur. Apa saja yang ditabur, pasti akan berbuah. Karena itu, orangtua yang juga berperan penting sebagai seorang coach bagi anaknya. Juga perlu bijaksana dalam menabur di pikiran anak.


Untuk itu. Anak perlu dilatih untuk menjadi seseorang yang mampu dan mahir bertanggung jawab akan dirinya sendiri. Tanggung jawab dimulai dari hal – hal sederhana.


Barangsiapa setia dalam perkara kecil, maka ia juga akan setia dalam perkara besar. Anda pasti setuju dengan hal ini khan? Karena itu, penting membangun tanggung jawab dalam diri anak.


Kedua, Feelings – Cerdas Mengelola Emosi


Dalam ruang coaching saya dengan klien dewasa. Saya banyak sekali jumpa, orang dewasa yang bermasalah dalam mengelola emosinya. Usia sih boleh sudah dikatakan matang, namun maaf sekali, sangat disayangkan, dari sisi kecerdasan emosi boleh dikata jongkok atau tidak cerdas.


Sewaktu saya menggali klien saya ini. Dengan teknik tertentu. Saya berhasil menggali akar masalah, yang menjadi api dari semua asap masalah yang muncul di usia dewasa klien ini.


Ternyata lagi – lagi. Akar masalah ditemukan di usia 12 tahun ke bawah. Mereka secara tidak sadar, meniru secara hebat luar biasa. Meniru secara intens dari figur pengasuhan masa kecil yang jadi idola mereka.


Orangtua pasti adalah idola bagi anaknya. Orangtua perlu belajar bagaimana jadi cerdas secara emosi. Di sekolah. Terutama di Nafiri Study Center (NSC). Setiap guru telah kami perlengkapi dengan rangkaian pelatihan yang intensif. Inilah yang juga menjadi bekal guru di NSC, kompeten sebagai coach untuk murid.


Tentu saja, guru adalah partner. Kami pun siap menjadi partner bagi Anda sebagai orangtua untuk menjadi coach terbaik bagi anak Anda. Untuk menumbuhkan Mental Juara Anak. Untuk itulah, NSC secara rutin mengadakan Parents Meeting untuk juga memperlengkapi kapasitas Anda sebagai orangtua.


Ketiga, The Best I Can Be – Menjadi Diri Yang Terbaik (Mental Juara)


Anak sejak usia dini perlu ditemukan potensi terbaiknya. Untuk itu, di NSC ada program coaching untuk anak. Kami sebagai partner orangtua. Kami akan membantu Anda untuk mengenali potensi dari anak Anda.


Setelah potensi anak dikenali dan ditemukan. Kita, guru dan orangtua, bersama akan saling bekerja sama, saling sinergi. Untuk memaksimalkan potensi anak Anda.


Bukankah kita semua sudah tahu. Mereka yang saat ini di usia dewasanya adalah bintang, sudah dikenali potensinya sejak usia muda? Kenapa tidak, mari kita bekerja sama untuk mengenali, menemukan dan memaksimalkan potensi anak Anda. Ini adalah kabar baik untuk Anda sebagai orangtua khan?


Bersiaplah! Hal baik akan hadir dalam hidup anak Anda. Mari kita saling bersinergi menjadi coach terbaik untuk anak Anda. Terutama untuk menumbuhkan Mental Juara Anak Anda. Pertanyaan saya. Sebagai orangtua, apakah Anda mau? Apakah Anda siap? Mari kita bergandeng tangan untuk masa depan terbaik anak Anda.



Ditulis oleh : Adrian Luis, S.Kom Nafiri Study Center (NSC) Coach Coordinator International Certified NLP Master Practitioner and Trainer – American Union of NLP (AUNLP) Coach of Success Motivation International (SMI) – Waco, Texas

Coach of Family Motivation International (FMI) – Waco, Texas

Coach of Leadership Motivation International (LMI) – Waco, Texas

Qualified Master Life Coach – Coaching Media Solutions dan IALC

Professional Licensed Trainer (PLT) – MiniWorkshopSeries

3 views0 comments