ithb-logo

 

                                  

Diklat Berjenjang Tingkat Dasar

HIMPAUDI Kota Bandung

ITHB Bandung, 5-7, 13-14 Juni 2014

                                                                                                      

                                                                     

HIMPAUDI

 

Pendidik PAUD adalah tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran serta melakukan pembimbingan, pengasuhan dan perlindungan anak didik. Diharapkan seorang pendidik PAUD dapat menjalankan tugasnya setelah kompetensi dan kualifikasi terpenuhi. Pemerintah telah mengeluarkan standar pendidik PAUD (Permendiknas NO. 16 tahun 2007 dan Permendiknas No. 58 tahun 2009). Terdapat tiga tingkatan pendidik PAUD yaitu: pengasuh, guru pendamping dan guru dengan masing-masing kualifikasi dan kompetensi yang harus dipenuhi. Dengan kata lain masing-masing tingkatan ini memiliki kadar tanggung jawab yang berbeda dalam pelaksanaan tugasnya sebagai pendidik AUD.

Secara faktual pendidikan para pendidik PAUD terutama pada jalur pendidikan nonformal memiliki variasi yang sangat tinggi, baik secara kualifikasi maupun kompetensi. Tidak jarang ditemukan pendidik yang berpendidikan SD atau SMP dan beberapa berpendidikan SMA atau SMK. Sedikit sekali yang berpendidikan diploma dan sarjana. Melihat hal ini, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini nonformal dan informal (Dit. PPTK PAUDNI) berusaha memperluas akses untuk pemerataan peningkatan mutu PTK PAUD dan mendukung peningkatan mutu layanan terhadap pendidik PAUD dengan melakukan berbagai diklat mulai dari tingkat pusat hingga provinsi dan kabupaten/ kota.

Kegiatan diklat pendidik PAUD tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tiga tingkatan pendidik PAUD (pengasuh, guru pendamping dan guru PAUD) secara berkesinambungan dan berjenjang. Diklat tersebut meliputi diklat dasar, diklat lanjutan dan diklat mahir. Diklat dasar ditujukan untuk mempersiapkan pendidik sebagai pengasuh dengan kompetensi minimal. Diklat lanjutan ditujukan untuk mempersiapkan pendidik yang kompeten sebagai guru pendamping dan diklat mahir ditujukan untuk mempersiapkan guru kompeten sebagai guru PAUD.

Melalui diklat ini, para pendidik diharapkan dapat memiliki kompetensi/legalitas sebagai pendidik PAUD. HIMPAUDI sendiri berusaha supaya diklat ini dapat diperhitungkan (dengan pembobotan sama dengan 1 semester, jika akan meneruskan ke jenjang S-1 PAUD). Namun yang lebih penting lagi adalah bahwa dengan mengikuti diklat, para pendidik yang mempunyai jiwa dan pelayanan dalam memotivasi dan mengembangkan anak-anak usia dini, akan diperlengkapi lebih baik. Sementara para pendidik yang sudah S-1 akan lebih baik lagi melayani anak usia dini.

Himpaudi kota Bandung merencanakan akan mengadakan diklat berjenjang tingkat dasar angkatan VI pada bulan Agustus 2014 dan diklat lanjutan pada bulan September 2014.

Mari rekan-rekan pendidik PAUD! Kita dukung kegiatan ini dan giatlah selalu untuk terus meningkatkan komptensi masing-masing dalam melayani anak-anak usia dini.

Selamat melayani! 

 

Berikut beberapa foto pelaksanaan diklat berjenjang dasar angkatan V Himpaudi Kota Bandung!

Slide1  

                Foto bersama para peserta diklat                 Ketua pelaksana diklat: Bapak Victor Tatuah

 

Slide2

                                                            Kegiatan kelas selama diklat

 

Slide3

                                                                     Suasana diklat

 

Slide4

                               Hasil karya peserta diklat dan suasana diklat dalam “gerak dan lagu”

 

 

Lokasi:

Kampus ITHB (Institut Teknologi Harapan Bangsa)

Jl. Dipatiukur No. 80-84 Bandung, 40132